Logo Bloomberg Technoz

Sosok Evo Morales dan Kronologi Penembakan Eks Presiden Bolivia

Redaksi
28 October 2024 11:54

Juan Evo Morales Ayma (Bloomberg/Tomohiro Ohsumi)
Juan Evo Morales Ayma (Bloomberg/Tomohiro Ohsumi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Evo Morales, mantan presiden Bolivia, menjadi sasaran penembakan setelah kendaraan yang ditumpanginya diserang pada Minggu (27/10/2024). 

Dilansir dari halaman Aljazeera, Morales membagikan video melalui akun Facebook-nya, yang menunjukkan sedikitnya dua lubang peluru di kaca depan mobil. 

Dalam pernyataannya, partai Gerakan Sosialisme (MAS) yang dipimpin Morales menyebut bahwa sejumlah orang berpakaian hitam menembaki kendaraannya saat melewati barak militer. Penembakan ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan politik antara faksi-faksi partai sosialis yang sedang berkuasa.

Kronologi Penembakan Evo Morales

Diketahui bahwa Morales dan Presiden saat ini, Luis Arce, sedang terlibat dalam persaingan kekuasaan menjelang pemilihan umum yang dijadwalkan tahun depan. Dalam wawancara di radio, Morales menceritakan bahwa dua kendaraan memotong jalannya dan menembaki mobilnya. Pemerintah Bolivia, melalui Menteri Keamanan, menyatakan akan melakukan penyelidikan terkait serangan ini.

Profil Lengkap Evo Morales

Juan Evo Morales Ayma (Bloomberg/Tomohiro Ohsumi)

Evo Morales adalah seorang pemimpin buruh Bolivia yang menjabat sebagai presiden dari 2006 hingga 2019. Lahir pada 26 Oktober 1959 di Isallavi, Bolivia, sebuah desa pertambangan di wilayah Oruro, Morales adalah presiden pertama Bolivia yang berasal dari suku pribumi Aymara. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, ia menjalani dinas militer sebelum pindah ke wilayah Chapare, Bolivia timur, di mana keluarganya menjadi petani.

Karir Awal dan Keterlibatan Politik

Juan Evo Morales Ayma (Bloomberg/Tomohiro Ohsumi)