Logo Bloomberg Technoz

Minum Kopi Lebih Dari 2 Gelas Buruk untuk Jantung?

Redaksi
28 October 2024 11:10

Ilustrasi Minum Kopi. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Minum Kopi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Meminum kopi kini sudah menjadi gaya hidup baik orang tua maupun anak muda. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, termsuk dampaknya jika meminum kopi secara berlebihan.

Dalam penjelasan yang diunggah di website National Library of Medicine (NIH), dari hasil studi disebutkan meminum kopi memang memiliki manfaat yang baik seperti mengurangi kolesterol dan darah tinggi. Namun, ada dampak kesehatan lain yang ditimbulkan jika meminumnya secara berlebihan.

Dari hasil studi di Italia yang dibuat oleh Grioni pada 2015, konsumsi lebih dari 2 cangkir kopi gaya Italia per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner. 

Selain itu, meta-analisis dari 13 studi kasus-kontrol dan 10 studi kohort oleh Sofi pada 2007 juga menunjukkan data bahwa orang yang meminum kopi lebih dari 4 gelas per hari juga menunjukkan dampak jantung koroner, namun hasilnya dianggap tidak signifikan dalam jangka panjang.

Selain jantung, penyakit lain yang dikaitkan adalah risiko penyakit kardiovaskular. Dari dua studi yang dilakukan pada 2018-2019 menunjukkan hasil yang berbeda.

Siapa Saja yang Harus Menghindari Kopi Hitam?