Logo Bloomberg Technoz

Deflasi Sebabkan Penurunan Tajam Laba Perusahaan di China

News
28 October 2024 08:50

Ilustrasi ekonomi China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi ekonomi China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Laba perusahaan industri di China mengalami penurunan yang lebih tajam pada bulan September dibandingkan bulan sebelumnya, seiring dengan tekanan deflasi yang mengurangi kekuatan keuangan perusahaan.

Menurut pernyataan dari Biro Statistik Nasional pada Minggu (27/10/2024), keuntungan industri bulan lalu di perusahaan-perusahaan besar China turun sebesar 27,1% dibandingkan tahun sebelumnya, setelah mengalami penurunan sebesar 17,8% pada bulan Agustus. Secara keseluruhan, keuntungan turun 3,5% dalam sembilan bulan pertama tahun 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Data tersebut "dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti basis tinggi pada periode yang sama tahun lalu," ungkap biro dalam pernyataan mereka.

Keuntungan industri merupakan ukuran utama kesehatan keuangan pabrik, tambang, dan utilitas, yang dapat memengaruhi keputusan investasi mereka di bulan-bulan mendatang. Penurunan keuntungan yang signifikan mencerminkan tantangan yang dihadapi oleh ekonomi China yang bernilai US$18 triliun, mendorong langkah-langkah seperti pemotongan suku bunga sejak akhir September.

Laba perusahaan-perusahaan China. (Sumber: Bloomberg)