Logo Bloomberg Technoz

Gas alam juga banyak digunakan untuk pemanasan rumah di wilayah tersebut. Secara keseluruhan, rumah tangga menyumbang sekitar 25% dari total emisi gas rumah kaca di Uni Eropa.

"Dari perspektif kesehatan masyarakat, kompor gas bersifat toksik," kata Juana Maria Delgado-Saborit, penulis utama studi tersebut, dalam wawancara dengan Bloomberg Green. Masalah kematian dini "jauh lebih buruk dari yang kami kira."

Studi ini, yang belum ditinjau oleh rekan sejawat, didanai oleh yayasan nirlaba European Climate Foundation, dan merupakan bagian dari proyek yang lebih luas tentang memasak bersih yang diselenggarakan oleh European Public Health Alliance. 

Studi ini mengikuti laporan yang diterbitkan tahun lalu, yang menemukan polusi yang melampaui batas hukum di rumah-rumah Eropa. Penelitian terpisah menemukan bahwa lebih dari 12% kasus asma anak saat ini di AS dapat dikaitkan dengan penggunaan kompor gas.

Konsumen harus memastikan untuk ventilasi ruangan saat menggunakan kompor gas untuk meminimalkan dampak kesehatan, tambah Delgado-Saborit, dan mempertimbangkan untuk menggantinya dengan alternatif listrik ketika memungkinkan.

Dia mengatakan angka kematian prematur tersebut kemungkinan merupakan perkiraan yang rendah karena kompor gas juga mengeluarkan polutan lain yang tidak dipertimbangkan dalam studi. Masalah ini umumnya paling parah di negara-negara dengan tingkat penggunaan kompor gas yang tinggi — seperti Inggris, Rumania, Polandia, dan Italia.

Banyak pemerintah Eropa telah memperkenalkan target untuk menghentikan penggunaan gas, demi mencapai tujuan iklim. Komisi Eropa saat ini sedang meninjau standar desain untuk kompor gas, yang dapat melibatkan penetapan batas yang lebih ketat pada emisi NO2, efisiensi energi, dan pelabelan polusi.

Laporan ini merupakan studi terbesar dalam hal populasi untuk mempertimbangkan dampak kompor gas terhadap kesehatan, kata Christian Pfrang, seorang profesor ilmu atmosfer di Universitas Birmingham, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut. 

“Ini seharusnya menjadi panggilan untuk para pengambil keputusan, karena ini dengan jelas menggambarkan dampak yang dapat ditimbulkan oleh kompor gas terhadap kesehatan manusia.”

(bbn)

No more pages