Logo Bloomberg Technoz

Selain pembaruan harga emas, situs Sahabat Pegadaian juga menyajikan berbagai informasi menarik. Salah satunya adalah tips memilih dan membeli emas.

Berikut adalah sejumlah tips dalam membeli emas agar terhindar dari kerugian:

1.    Periksa harga emas terkini

Harga emas selalu berubah setiap harinya. Untuk itu, kita harus rajin-rajin mengecek fluktuasi harga emas jika memang ingin membelinya. 

PT Aneka Tambang (Antam) secara berkala mengumumkan harga emas terkini melalui situs resminya. Pengumuman harga emas itu dilakukan dua kali dalam sehari. Dan harga emas dari Antam inilah yang menjadi dasar patokan harga emas secara nasional.

2.  Kadar kemurnian emas

Selanjutnya adalah mengecek kadar kemurnian emas yang ingin dibeli. Terlebih harga emas berbanding lurus dengan tingkat kemurniannya. 

Menurut standar internasional:
•    Emas 24 karat punya tingkat kemurnian 99,99%,
•    Emas 22 karat punya tingkat kemurnian 91,7%,
•    Emas 20 karat punya tingkat kemurnian 83,3%,
•    Emas 18 karat punya tingkat kemurnian 66,6%,
•    Emas 14 karat punya tingkat kemurnian 58,5%, dan
•    Emas 9 karat punya tingkat kemurnian 37,5%.

3.    Pilih lokasi pembelian emas yang jelas

Memilih tempat membeli emas yang akan dijadikan sebagai barang investasi juga perlu perhatian lebih. Usahakan untuk membeli emas dari toko emas yang mempunyai reputasi bagus.

Perhatikan pula tingkat harga jual kembali pada toko emas itu. Atau kalau ingin tempat membeli emas yang terpercaya, bisa datang ke Pegadaian ataupun membelinya secara online di situs resmi PT Antam.

4.    Simpan nota dan sertifikat terkait kepemilikan emas

Nilai emas akan turun kalau kita ternyata tidak mempunyai sertifikat terkait kepemilikannya. Baik berupa nota pembelian, sertifikat emas, ataupun kwitansi. 

Terlebih jika membeli dari toko emas yang ada di pasar tradisional, yang belum mempunyai standar resmi terkait penentuan kadar emas. Oleh karena itu, informasi terkait kadar emas berupa sertifikat, kwitansi, atau nota pembelian bisa menjadi bukti pada saat ingin menjual kembali emas yang dimiliki.

5.    Simpan emas dengan baik

Pastikan untuk menjaga kualitas emas dengan baik. Kita bisa pula menyimpan emas yang dimiliki di dalam rumah.

Namun untuk alasan keamanan, alangkah lebih baik kalau emas yang ada disimpan di kotak deposit bank. Selain itu, bisa pula menyimpan emas dengan cara menjadikannya sebagai barang jaminan.

(aji)

No more pages