Logo Bloomberg Technoz

Musk Janji Pangkas Anggaran AS Rp31.390 T Jika Trump Menang

News
28 October 2024 08:10

Elon Musk dan Donald Trump. (Bloomberg)
Elon Musk dan Donald Trump. (Bloomberg)

Josh Wingrove - Bloomberg News

Bloomberg, Elon Musk menyatakan keyakinannya bahwa ia dapat memangkas setidaknya US$2 triliun (setara Rp31.390 triliun) dari anggaran federal. Ia menyampaikan visi untuk pengurangan besar-besaran dalam belanja pemerintah jika Donald Trump kembali terpilih sebagai presiden.

"Uang Anda terbuang sia-sia," kata Musk pada Minggu (27/10/2024) di hadapan para pendukung Trump di Madison Square Garden, New York. "Kami akan menyingkirkan pemerintah dari punggung Anda dan dari dompet Anda."

Trump menegaskan akan meminta Musk, orang terkaya di dunia sekaligus donor utama bagi kampanye Partai Republik, untuk memimpin upaya pemangkasan anggaran, yang disebut Departemen Efisiensi Pemerintah atau DOGE, sebagai referensi pada mata uang kripto yang digemari Musk.

Namun, para kritikus menyatakan bahwa posisi ini berpotensi menimbulkan konflik kepentingan bagi Musk. Perusahaan-perusahaan yang dipimpinnya, seperti Tesla Inc dan SpaceX, memiliki kontrak federal bernilai miliaran dolar dan telah diuntungkan dari belanja pemerintah, termasuk kredit pajak kendaraan listrik dan investasi infrastruktur.