Logo Bloomberg Technoz

China Kecam AS Jual Senjata ke Taiwan, Ancam Tindakan Balasan

28 October 2024 06:40

Bendera Taiwan. (Dok: Bloomberg)
Bendera Taiwan. (Dok: Bloomberg)

Twinnie Siu dan Phila Siu - Bloomberg News

Bloomberg, China melayangkan keluhan diplomatik kepada Amerika Serikat (AS) dan menyatakan haknya untuk mengambil tindakan balasan menyusul penjualan senjata terbaru AS ke Taiwan, yang memperburuk ketegangan terkait sengketa wilayah kepulauan tersebut.

"China akan merespons dengan tegas dan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menjaga kedaulatan nasional, keamanan, dan integritas teritorial," ungkap Kementerian Luar Negeri di Beijing dalam pernyataan resmi pada Sabtu malam, setelah AS menyetujui penjualan militer senilai sekitar US$2 miliar (setara Rp31 triliun) kepada Taiwan.

"China mendesak AS untuk segera menghentikan persenjataan Taiwan dan menghentikan tindakan berbahaya yang merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," tambah pernyataan tersebut.

Pernyataan ini menyusul pengumuman Departemen Luar Negeri AS mengenai permintaan kantor perwakilan Taiwan untuk membeli sistem rudal permukaan-ke-udara (surface-to-air) dengan teknologi pertahanan udara jarak menengah, senilai US$1,16 miliar.