Logo Bloomberg Technoz

Harris memperlebar keunggulannya atas Trump dalam jajak pendapat nasional ABC News/Washington Post terhadap pemilih yang diperkirakan akan memberikan suara yang dirilis pada hari Minggu — menjadi 51% berbanding 47% dari 50% berbanding 48% dua minggu sebelumnya — meskipun perbedaan tersebut tetap berada dalam batas kesalahan.

Berikut adalah berita terbaru pemilu AS:

Pemberhentian

Harris menghabiskan hari Minggu di Philadelphia, mengunjungi lingkungan yang bersejarah untuk komunitas kulit hitam dan Latino untuk membantu meningkatkan partisipasi suara. 

Di sebuah barbershop di West Philadelphia, dia berbincang dengan beberapa pria mengenai topik termasuk gaji guru dan utang pinjaman siswa. Dia juga mengumumkan rencana untuk meningkatkan ekonomi dan jaringan listrik Puerto Rico.

19 suara Electoral College Pennsylvania menjadikannya hadiah terbesar di antara tujuh negara bagian kunci yang kemungkinan akan menentukan pemilihan. Philadelphia dan Pittsburgh, tempat Presiden Joe Biden melakukan kampanye pada hari Sabtu, sangat penting bagi peluang Demokrat untuk mempertahankan negara bagian ini.

“Jalan menuju kemenangan benar-benar melewati Philly, dan itu melewati Pennsylvania,” kata Harris kepada para pendukung di sebuah restoran Puerto Rico.

Dia mengatakan bahwa rencananya untuk Puerto Rico akan menggabungkan sektor nirlaba dan swasta untuk membangun peluang ekonomi baru, termasuk kepemilikan rumah dan bisnis kecil, dengan fokus untuk membuat jaringan listrik pulau tersebut lebih tahan terhadap cuaca ekstrem.

Di Gereja Kristen di West Philadelphia, Harris berbicara tentang iman dan menghadiri sekolah Minggu di kampung halamannya, Oakland, California — serta hari-hari terakhir kampanye yang akan datang.

“Kesembilan hari ini akan menguji kita,” katanya kepada jemaah. “Mereka menuntut segala yang kita miliki.”

Trump di NYC

Kandidat Partai Republik, Donald Trump kembali ke kampung halamannya di New York untuk rally pukul 5 sore di Madison Square Garden, sebuah tempat ikonik di kota dan negara bagian yang sangat mendukung Demokrat.

Para pendukung Trump, beberapa di antaranya mengenakan topi “Make America Great Again,” mulai berdatangan lebih awal di pagi yang dingin di musim gugur, mengagumi gambar besar mantan presiden yang terpampang di atas pintu masuk Stasiun Pennsylvania gedung tersebut.

Kampanye Donald Trump di NYC. (Sumber: Bloomberg)

‘Pertarungan Margin Kesalahan’

Ketua kampanye Harris, Jen O’Malley Dillon, menyatakan keyakinannya tentang jalur kemenangan wakil presiden dalam “pertarungan margin kesalahan” tahun ini, mengatakan kepada MSNBC “kami merasa sangat baik tentang posisi kami saat ini.”

Tingkat partisipasi pemilih awal di kalangan pendukung Demokrat telah kuat, katanya. “Ini sangat dekat, kami berada di jalur untuk memenangkan ini, tetapi akan membutuhkan kerja keras selama sembilan hari ke depan untuk menutup ini,” katanya.

Artis Musik

Harris melibatkan para seniman musik dalam upaya menambah daya tarik bintang di akhir kampanye, termasuk penyanyi Maggie Rogers dan Gracie Abrams, grup folk rock Mumford and Sons, serta Matt Berninger dan Aaron Dessner dari band rock The National.

Rally untuk meningkatkan partisipasi pemilih di negara bagian berayun barat akan menampilkan penampilan dari band rock Latin Maná di Las Vegas dan Los Tigres del Norte di Phoenix, menurut kampanye Harris.

Harris sebelumnya mendapatkan dukungan dari selebriti seperti Bruce Springsteen, yang tampil di rally di Atlanta, dan Beyoncé, yang mendukung Harris di sebuah acara di Houston minggu lalu.

Simbolisme Ellipse

Harris mengatakan bahwa dia memilih Ellipse — tepat di selatan Gedung Putih di National Mall di Washington — untuk pidato “argumen penutup”nya pada hari Selasa untuk membingkai pilihan pemilih pada 5 November.

Itu juga tempat di mana Trump mengadakan rally sebelum para pendukungnya menyerbu Capitol AS pada 6 Januari 2021. Harris mengatakan bahwa dia memikirkan “tempat itu lebih dalam konteks apa yang akan ada di belakang saya, yaitu Gedung Putih.”

“Saya melakukannya di sana karena saya pikir sangat penting bagi rakyat Amerika untuk melihat dan memikirkan siapa yang akan mengisi ruang itu pada 20 Januari,” katanya dalam wawancara CBS News yang disiarkan pada hari Minggu.

(bbn)

No more pages