Logo Bloomberg Technoz

"Kami memperkirakan laporan penggajian AS Oktober akan menunjukkan hasil pekerjaan negatif pertama sejak Desember 2020, jauh di bawah perkiraan konsensus sebesar 120.000. Sebagian besar kelemahan disebabkan oleh gangguan terkait cuaca, tetapi kami juga melihat perlambatan di sektor siklikal," kata tim dari Bloomberg Economics, yang terdiri dari Anna Wong, Stuart Paul, Eliza Winger, Estelle Ou, dan Chris G. Collins.

Pada Rabu (30/10/2024), pemerintah juga akan mengeluarkan perkiraan pertama produk domestik bruto (PDB) kuartal ketiga, dengan estimasi menunjukkan laju tahunan sebesar 3% yang akan menyamai pertumbuhan yang terlihat dalam tiga bulan sebelumnya. Selain pengeluaran konsumen yang kuat, PDB kemungkinan didorong oleh peningkatan belanja bisnis untuk peralatan.

Laporan lain yang akan dirilis minggu ini mencakup lowongan pekerjaan untuk bulan September, biaya pekerjaan kuartal ketiga, dan keyakinan konsumen untuk bulan Oktober. Institute for Supply Management juga akan merilis indeks manufaktur untuk bulan Oktober.

Di Kanada, data PDB akan menunjukkan apakah ekonomi berada di jalur untuk mencapai perkiraan bank sentral Kanada atau Bank of Canada (BOC) sebesar 1,5% pertumbuhan tahunan pada kuartal ketiga. Pejabat sebelumnya memperkirakan pertumbuhan 2,8% tetapi merevisinya ke bawah setelah memangkas suku bunga sebesar 50 basis poin pada 23 Oktober. Gubernur BOC Tiff Macklem dan rekannya Carolyn Rogers akan berbicara kepada anggota parlemen tentang keputusan tersebut.

Di tempat lain, pengumuman anggaran penting Inggris, angka inflasi, dan pertumbuhan zona euro, keputusan suku bunga bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ), serta indeks manajer pembelian (purchasing manager index/PMI) yang menunjukkan kesehatan ekonomi China akan menjadi beberapa sorotan.

Jadwal pengumuman kebijakan bank sentral dunia. (Sumber: Bloomberg)

Asia

PMI China akan menjadi fokus utama minggu depan, dengan pembuat kebijakan, ekonom, dan investor ingin mengukur kekuatan ekonomi yang sedang lemah. Meskipun mungkin terlalu dini untuk melihat dampak dari langkah-langkah stimulus terbaru, jika aktivitas layanan dan konstruksi juga mengalami penurunan, seruan untuk lebih banyak upaya dari Beijing kemungkinan akan meningkat.

BOJ akan mengadakan pertemuan pada Kamis, di mana diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah. Dengan kelemahan yen yang baru-baru ini terjadi, pelaku pasar akan mencari sinyal hawkish yang menunjukkan bahwa kenaikan berikutnya ada dalam rencana untuk bulan Desember.

Survei suku bunga BOJ. (Sumber: Bloomberg)

Di tempat lain, Australia dijadwalkan melaporkan pertumbuhan harga pada Rabu, dengan harga diperkirakan melambat, tetapi tidak cukup untuk menghidupkan kembali pembicaraan tentang pemotongan suku bunga jangka pendek.

Indonesia dan Pakistan juga akan merilis angka inflasi, sementara Hong Kong dan Taiwan akan melaporkan PDB. PMI dari seluruh Asia pada Jumat diharapkan memberikan indikasi tentang kinerja ekonomi kawasan di luar China, bersamaan dengan angka perdagangan dari Thailand, Hong Kong, dan Korea Selatan.

Eropa, Timur Tengah, dan Afrika

Minggu ini, data konkret pertama yang akan digunakan oleh Bank Sentral Eropa (BOE) untuk menyesuaikan langkah pelonggaran berikutnya pada bulan Desember akan dirilis, di saat investor semakin mempertimbangkan kemungkinan penurunan suku bunga setengah poin. Meskipun tanda-tanda pelemahan muncul, angka PDB kuartal ketiga yang akan dirilis pada Rabu diperkirakan menunjukkan ekonomi mempertahankan laju pertumbuhan 0,2%. Hal ini didorong oleh kebangkitan Spanyol dan ekspansi stabil di Prancis dan Italia, yang mengimbangi resesi Jerman.

PDB negara-negara di Eropa. (Sumber: Bloomberg)

Inflasi zona euro pada Kamis diperkirakan akan sedikit meningkat menjadi 1,9%, sedikit di bawah target ECB sebesar 2%, dengan hasil Jerman bahkan melebihi target tersebut. Hasil ini sesuai dengan perkiraan pembuat kebijakan mengenai kenaikan sementara sebelum pertumbuhan harga kemudian menetap di sekitar target pada paruh pertama tahun depan.

Inflasi di Zona Euro. (Sumber: Bloomberg)

Di tempat lain di Eropa, inflasi Swiss diperkirakan tetap stabil di 0,8%, jauh di bawah batas atas bank sentral. Ekonom memperkirakan pemotongan suku bunga lebih lanjut pada bulan Desember.

Di Inggris, Menteri Keuangan Rachel Reeves akan meluncurkan anggaran pertamanya dari pemerintahan Buruh yang baru terpilih pada Rabu, yang bisa menjadi salah satu pengumuman fiskal paling signifikan di Inggris selama bertahun-tahun. Dia menghadapi tantangan untuk tindakan penyeimbangan yang ketat, dengan Dana Moneter Internasional (IMF) menyarankan peningkatan investasi publik, tetapi juga tekanan untuk memperbaiki keuangan jangka panjang.

Reeves diperkirakan akan merombak aturan fiskal yang dapat memungkinkan lebih banyak pinjaman untuk belanja modal, sementara ia juga cenderung menargetkan investor untuk meningkatkan penerimaan pajak.

Lintasan utang dan defisit Inggris. (Sumber: Bloomberg)

Menteri Keuangan Afrika Selatan Enoch Godongwana akan mempresentasikan anggaran jangka menengah tahunannya pada Rabu. Ini akan menjadi anggaran pertama sejak pemerintah multipartai dibentuk dengan Aliansi Demokrat Tengah dan delapan saingan kecil lainnya setelah Kongres Nasional Afrika kehilangan mayoritas mutlaknya dalam pemilihan 29 Mei.

Pidato Godongwana akan dicermati dengan ketat untuk berita mengenai upaya mengekang utang negara yang lepas kendali, target pertumbuhan ekonomi baru, serta bagaimana pemerintah akan mendukung janji Presiden Cyril Ramaphosa untuk mengubah negara menjadi situs konstruksi, termasuk rincian tentang fasilitas jaminan kredit untuk meningkatkan keterlibatan sektor swasta dalam rencana tersebut.

(bbn)

No more pages