Logo Bloomberg Technoz

Menkeu China: Stimulus Ekonomi Bertujuan Tingkatkan Konsumsi

News
27 October 2024 09:30

Liao Min (Fotografer: Tierney L. Cross/Bloomberg)
Liao Min (Fotografer: Tierney L. Cross/Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah China kembali meluncurkan paket stimulus ekonomi yang difokuskan untuk meningkatkan permintaan domestik guna mencapai target pertumbuhan tahunan, menurut Wakil Menteri Keuangan China, Liao Min. Pernyataan ini disampaikan Liao kepada Bloomberg News pada Jumat (25/10/2024), di sela-sela pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Washington.

"Tujuan kami adalah meningkatkan kebijakan makro untuk memperluas permintaan domestik dan mencapai target pertumbuhan PDB tahun ini," kata Liao. "Kebijakan tersebut akan berkoordinasi dengan langkah-langkah moneter yang mendorong restrukturisasi ekonomi, terutama dalam memperkuat konsumsi domestik."

Menanggapi paket stimulus ini, Liao menyebut langkah-langkah kebijakan kali ini akan "berskala cukup besar," serupa dengan pandangan Menteri Keuangan Lan Fo’an sebelumnya. Namun, Liao menegaskan bahwa rincian lengkap kebijakan fiskal tersebut baru akan diputuskan dalam rapat Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional yang berlangsung pada 4-8 November. "Ada proses hukum yang harus dilalui untuk kebijakan fiskal China," tambahnya.

Paket kebijakan terbaru ini termasuk pemotongan suku bunga, penambahan likuiditas bank, dan dukungan untuk sektor perumahan. Meski demikian, upaya tersebut lebih difokuskan untuk menekan risiko ekonomi dibandingkan mendorong pertumbuhan.