Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Mengutuk Serangan Israel Terhadap Iran

Delia Arnindita Larasati
27 October 2024 07:00

Ilustrasi serangan Israel ke Iran. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi serangan Israel ke Iran. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia dengan tegas mengutuk serangan militer Israel terhadap Iran. Dalam pernyataan yang dirilis oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu), peningkatan konflik ini dianggap merupakan pelanggaran hukum internasional.

Indonesia pun mengimbau semua pihak yang terlibat untuk menahan diri, dan menghindari tindakan yang dapat memperburuk ketegangan di kawasan.

"Indonesia menegaskan kembali bahwa pendudukan ilegal Israel atas wilayah Palestina tetap menjadi akar permasalahan konflik di Timur Tengah, dan bahwa pewujudan negara Palestina yang merdeka dalam kerangka Solusi Dua Negara merupakan satu-satunya cara untuk ciptakan perdamaian di kawasan," ungkap Kemlu dalam pernyataan yang disampaikan melalui akun media sosial resmi.

Sebagai anggota aktif PBB, Indonesia juga mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segera menjalankan tanggung jawabnya sesuai dengan Piagam PBB. Dalam seruannya, Kemlu menuntut kekerasan yang dilakukan oleh Israel, termasuk tindakan genosida terhadap rakyat Palestina di Gaza dan serangan terhadap pasukan UNFIL, dihentikan.

"Indonesia juga menekankan pentingnya Dewan Keamanan PBB untuk mempertimbangkan langkah-langkah lebih lanjut guna mengakhiri pendudukan ilegal tersebut," tutupnya.