Logo Bloomberg Technoz

Thailand Bakal Naikkan Batas Usia Pensiun Jadi 65 Tahun

News
26 October 2024 20:00

Seorang pedagang menjual minuman dingin saat suhu tinggi di Bangkok, Thailand, Minggu (28/4/2024). (Andre Malerba/Bloomberg)
Seorang pedagang menjual minuman dingin saat suhu tinggi di Bangkok, Thailand, Minggu (28/4/2024). (Andre Malerba/Bloomberg)

Anuchit Nguyen - Bloomberg News

Bloomberg, Thailand berencana untuk menaikkan batasan usia pensiun bagi sektor swasta dan pemerintah menjadi 65 tahun, karena adanya peningkatan dalam teknologi perawatan kesehatan dan medis, demikian dilaporkan Bangkok Post.

Perubahan tersebut merupakan salah satu dari beberapa usulan yang diajukan karena pemerintah berupaya mengatasi harapan hidup yang lebih panjang dan perubahan demografi.

Menteri Tenaga Kerja Phiphat Ratchakitprakarn mengatakan kepada Bangkok Post bahwa pemerintah ingin meningkatkan kontribusi dari pekerja, pengusaha, dan negara ke dalam dana jaminan sosial nasional dan memperluas sistem tunjangan untuk mencakup 2 juta pekerja migran dari Myanmar, Laos, dan Kamboja.

Kementerian juga mempertimbangkan untuk mengubah biaya medis yang berfluktuasi yang diperkirakan mencapai 60 miliar baht (US$1,78 miliar) per tahun menjadi biaya tetap, kata Phiphat kepada Post.