Logo Bloomberg Technoz

Saat dimintai konfirmasi, VP Corporate Communications PT Freeport Indonesia Katri Krisnati mengatakan fokus perseroan saat ini adalah kepada penilaian (assessment) dan evaluasi pascakebakaran di common gas cleaning plant.

“Asesmen dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan berbagai pihak dan pakar, termasuk kontraktor dan sub kontraktor serta equipment manufacturer dari berbagai negara. Langkah-langkah selanjutnya baru dapat diketahui setelah proses asesmen dan evaluasi selesai,” ujar Katri.

Freeport-McMoRan tidak menjelaskan dengan lengkap periode relaksasi ekspor konsentrat yang diajukan, tetapi meminta agar anak usahanya di Indonesia bisa diberikan relaksasi hingga operasi smelter kembali pulih.

“Sehubungan dengan kebakaran yang baru saja terjadi di smelter baru PTFI dan upaya pemulihan yang diperlukan, PTFI tengah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mengizinkan keberlanjutan ekspor konsentrat tembaga hingga operasi smelter kembali pulih,” tulis Freeport-McMoRan dalam laporan keuangan kuartal ketiganya.

Raksasa tambang dan energi asal AS itu melaporkan PTFI telah mendapatkan izin ekspor konsentrat tembaga dan anode slimes yang berlaku hingga Desember 2024.

“Sesuai dengan peraturan Indonesia, PT-FI akan terus membayar bea ekspor sebesar 7,5% atas konsentrat tembaga," tulis Freeport-McMoRan.

(dov/wdh)

No more pages