Logo Bloomberg Technoz

Hari ini Kesempatan Terakhir Dapatkan Dividen UNTR Rp25,4 T

Whery Enggo Prayogi
27 April 2023 10:30

United Tractors. (Tangkapan layar via unitedtractors.com)
United Tractors. (Tangkapan layar via unitedtractors.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hari ini, Kamis (27/4/2023) terdapat sejumlah agenda aksi korporasi dan salah satu yang penting untuk diperhatikan adalah cumulative date (cum date) pembagian dividen PT United Tractor Tbk (UNTR).

Diketahui UNTR akan membagikan Rp25,4 triliun sebagai dividen kepada pemegang saham. Nilai ini setara 121% dari total laba bersih perseroan tahun lalu, Rp21 triliun. Hal ini diluar kebiasaan, atau nilai dividen melebihi laba bersih. Total dividen per saham sebesar Rp7.003.

Hari ini, 27 April adalah cum dividen UNTR di pasar reguler dan negosiasi dengan cum dividen di pasar tunai pada 2 Mei. Sementara ex dividen UNTR di pasar reguler dan negosiasi pada 28 April, dan ex dividen di pasar tunai 3 Mei.

Pembayaran dividen akan terjadi pada 12 Mei, dengan posisi sebelum adalah  penetapan daftar pemegang saham (DPS) yang berhak atas dividen tunai di 2 Mei. Diketahui, cum date merupakan waktu terakhir bagi investor yang ingin membeli suatu saham, sekaligus berhak atas dividen atau bagi hasil suatu perusahaan.

Selain United Tractor, beberapa emiten yang menetapkan cum date atas dividen tunai mereka diantaranya

  • PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM)
  • PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS)
  • PT Mulia Boga Raya Tbk (KEJU)
  • PT Menthobi Karyatama Raya Tbk (MKTR)
  • PT Temas Tbk (TMAS)