Logo Bloomberg Technoz

Program Makan Gratis Diimbau Ikuti Skema Subsidi Tepat Sasaran

Azura Yumna Ramadani Purnama
25 October 2024 16:00

Petugas menyiapkan makanan untuk simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto) 
Petugas menyiapkan makanan untuk simulasi program makan siang di SMPN 2 Curug, Kamis (29/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto) 

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom menilai program Makan Bergizi Gratis (MBG) yang dicanangkan Presiden Prabowo Subianto perlu diberikan kepada para siswa sekolah yang benar-benar membutuhkan, demi menghemat anggaran.

Direktur Eksekutif CSIS Yose Rizal Damuri menyampaikan target penerima program tersebut seharusnya sama dengan prinsip pemberian subsidi, yakni sesuai sasaran untuk kelompok yang paling membutuhkan.

Free meal program untuk semua pihak atau semua anak itu agak tidak terlalu sesuai dengan prinsip untuk memberikan subsidi ini secara lebih targeted. Harus ada semacam pemilihan agar dari sisi anggarannya bisa menjadi lebih tidak terlalu memberatkan,” kata Yose dalam taklimat media CSIS, Jumat (25/10/2024).

Maka itu, Yose mengimbau pemerintah untuk menyeleksi penerima program Makan Gratis demi meringankan beban anggaran.

Hal itu, kata Yose, perlu dilakukan sebab kapasitas fiskal semakin sempit dan pada tahun mendatang, 18% dari anggaran akan dimanfaatkan untuk membayar bunga utang serta pokoknya.