Logo Bloomberg Technoz

Komitmen Investasi Vale Disoal BPK, ESDM Akan Awasi

Dovana Hasiana
25 October 2024 15:50

Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)
Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan tetap memantau komitmen investasi PT Vale Indonesia Tbk (INCO) sesuai dengan kontrak karya (KK), beserta amandemennya.

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, selama ini komitmen investasi Vale berjalan dengan cukup baik. 

Dia mengatakan komitmen investasi itu masuk dalam proses persetujuan perpanjangan kontrak karya menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK) selama 10 tahun atau hingga 2035.

“Pastinya kita pantau, selama ini Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara [Ditjen Minerba] juga tidak ada laporan bahwa ini tidak jalan. Asumsinya kalau saya di Sekretariat Jenderal karena tidak ada laporan saya berasumsi baik,” ujar Dadan saat ditemui di kantornya, di Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2024). 

Kompleks pengolahan nikel yang dioperasikan oleh PT Vale Indonesia di Sorowako, Sulawesi Selatan, Sabtu (11/6/2022). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Kementerian ESDM melalui Ditjen Minerba, sebut Dadan, selalu mengawasi komitmen investasi tersebut. Bila ada hal-hal yang signifikan, kata Dadan, Ditjen Minerba pasti bakal melaporkan kepada Menteri ESDM Bahlil Lahadalia.