Logo Bloomberg Technoz

Sumbang Lagi, Total Donasi Musk ke Trump & GOP Tembus Rp2,06 T

News
25 October 2024 15:10

Elon Musk dan Donald Trump. (Bloomberg)
Elon Musk dan Donald Trump. (Bloomberg)

Bill Allison - Bloomberg News

Bloomberg, Elon Musk kembali menyumbangkan US$56 juta untuk mendukung Donald Trump dan anggota Partai Republik lainnya pada minggu-minggu terakhir pemilihan 2024. Sehingga, jumlah yang dihabiskan orang terkaya di dunia untuk menyokong sekutunya ke Gedung Putih dan Kongres mencapai US$132 juta (Rp2,06 triliun).

Sumbangan tersebut — yang diungkap dalam keterbukaan informasi di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (24/10/2024) — menunjukkan bahwa pendiri Tesla Inc ini telah menggelontorkan uang ke trifecta Washington: mendanai upaya Trump masuk Gedung Putih, serta mendukung anggota DPR dan Senat dari Partai Republik.

Musk, yang hanya memberikan donasi politik dalam jumlah kecil hingga Pemilu 2024, menyalurkan US$43,6 juta pada paruh pertama Oktober ke America PAC, kelompok yang ia dirikan. Sehingga, total donasinya tahun ini menjadi US$118,6 juta.

Kepala eksekutif SpaceX ini juga menghabiskan jutaan dolar lagi untuk menyebarkan uang di seluruh sistem politik yang membantunya membangun jaringan sekutu.

Elon Musk bagi-bagi uang agar warga AS isi petisi. (Bloomberg)