Logo Bloomberg Technoz

Alasan RI Mau Gabung BRICS: Bukan Berarti Ikut Kubu Tertentu

Rosmayanti
25 October 2024 14:00

Menteri Luar Negeri RI Sugiono dalam pertemuan KTT BRICS Plus di Kazan, Rusia (24/10/2024). (Dok. Kementerian Luar Negeri)
Menteri Luar Negeri RI Sugiono dalam pertemuan KTT BRICS Plus di Kazan, Rusia (24/10/2024). (Dok. Kementerian Luar Negeri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Sugiono mengungkapkan alasan Indonesia mau bergabung menjadi anggota BRICS. Hal ini ia sampaikan dalam pertemuan KTT BRICS Plus di Kazan, Rusia, Kamis (24/10/2024).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menjelaskan bahwa politik luar negeri Indonesia berdasar nilai bebas aktif. Sesuai arahan Presiden Prabowo Subianto, Indonesia ingin berteman baik dengan semua negara di dunia.

"[Bergabungnya Indonesia ke BRICS] Bukan berarti kita ikut kubu tertentu, melainkan kita berpartisipasi aktif di semua forum," ujar Menlu Sugiono melalui keterangan persnya, dikutip Jumat (25/10/2024).

Indonesia menilai BRICS dapat berfungsi sebagai perekat untuk mempererat kerja sama di antara negara-negara berkembang atau Global South.

"Kami lihat BRICS dapat menjadi kendaraan yang tepat untuk membahas dan memajukan kepentingan bersama Global South," tegasnya.