Logo Bloomberg Technoz

Survei Bloomberg: Ekonomi RI Melambat, Ancaman Resesi Meningkat

Ruisa Khoiriyah
25 October 2024 13:55

Survei Bloomberg terakhir memprediksi ekonomi kuartal III-2024 stagnan (Bloomberg)
Survei Bloomberg terakhir memprediksi ekonomi kuartal III-2024 stagnan (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perekonomian Indonesia diprediksi akan membukukan pertumbuhan sebesar 5,04% pada kuartal III-2024, berdasarkan hasil survei terakhir Bloomberg terhadap 34 ekonom.

Prediksi itu lebih tinggi ketimbang perkiraan sebelumnya sebesar 5,03%. Bila prediksi itu terpenuhi, artinya perekonomian domestik membukukan perlambatan sedikit karena pada kuartal II lalu, Produk Domestik Bruto (PDB) tumbuh 5,05%.

Secara keseluruhan, tahun ini pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan mencatat angka 5%, sedikit melambat dibanding capaian tahun sebelumnya sebesar 5,05%. Perlambatan itu diperkirakan akan berbalik pada 2025 di mana para ekonom memprediksi Indonesia akan bangkit dan tumbuh 5,10%.

Yang menarik, hasil survei yang dilakukan selama periode 17-24 Oktober lalu, para ekonom menilai Indonesia memiliki potensi resesi dalam 12 bulan ke depan sebesar 8%, menurut enam responden survei.

Probabilitas itu meningkat dibanding survei September yang mencatat angka 5%. Bahkan pada survei Juli, probabilitas resesi ekonomi domestik tercatat 0%.