Logo Bloomberg Technoz

Putusan Pengadilan: Meta, Google, TikTok Rusak Kesehatan Mental

Whery Enggo Prayogi
25 October 2024 11:20

Penggunaan media sosial diputuskan hakim distrik AS di Oakland berisiko berefek adiksi atau ketergantungan. (Bloomberg).
Penggunaan media sosial diputuskan hakim distrik AS di Oakland berisiko berefek adiksi atau ketergantungan. (Bloomberg).

Bloomberg News

Bloomberg, Meta Platforms Inc, Google, TikTok, dan Snap harus menghadapi tuntutan hukum yang diajukan oleh distrik sekolah di pengadilan federal. Para raksasa media sosial teknologi ini dianggap menimbulkan daya adiksi atau ketergantungan hingga berisiko pada kesehatan mental pada siswa.

Keputusan pada hari Kamis oleh Hakim Distrik AS Yvonne Gonzalez Rogers di Oakland, California, mengikuti keputusan yang bertentangan pada 7 Juni oleh hakim Pengadilan Tinggi Los Angeles yang justru mendukung perusahaan-perusahaan tersebut. 

Perpecahan ini membuat platform berpotensi untuk bertanggung jawab atas kerusakan di lebih dari 150 kasus di hadapan Rogers bahkan ketika mereka siap untuk menghindari tanggung jawab atas klaim di lebih dari 600 kasus lain yang diajukan di Los Angeles.

Rogers secara umum menolak permintaan untuk membatalkan klaim kelalaian pengelola platform,  namun mempersempit ruang lingkup tuduhan yang akan dilanjutkan.