Logo Bloomberg Technoz

Sejumlah menteri dan wakil menteri bahkan membagikan momen mereka mengenakan seragam komponen cadangan (komcad) untuk mengikuti agenda gerak jalan dan baris berbaris di media sosial masing-masing. Para menteri dan wamen tampak bersuka ria mengikuti agenda-agenda tersebut.

Seluruh peserta, tak terkecuali, mengenakan seragam yang sama. Para anggota kabinet berlatar belakang politikus, birokrat, pengusaha, maupun pesohor kompak mengenakan seragam tersebut.

Seusai latihan, Prabowo mengatakan, latihan ini bukan latihan kemiliteran, melainkan untuk menyamakan frekuensi dan gerak langkah sebagai pemerintah.

"Kita harus bergerak seirama dengan tujuan yang sama. Pemerintah itu tidak bekerja sendiri-sendiri, melainkan sebagai tim," ujar Prabowo.

Prabowo juga menambahkan bahwa kerja sama tim terbaik dapat dilihat dari sepak bola, di mana semua pemain harus memiliki keyakinan dan tujuan yang sama. Tim Kabinet Merah Putih juga harus menyadari bahwa mereka berkompetisi dengan negara-negara lain.

Prabowo menekankan bahwa sistem pertahanan terbaik adalah Sistem Pertahanan Rakyat Semesta, di mana setiap warga negara harus siap sedia membela negaranya.

Acara retreat berlangsung selama empat hari, sejak kedatangan pada Kamis (24/10/2024) hingga Minggu (27/10/2024) siang. Menurut rencana, acara retreat ini akan berlangsung dalam agenda kegiatan yang ketat dan padat.

(mfd/frg)

No more pages