Logo Bloomberg Technoz

BTN Respons Rencana Prabowo Hapus Utang Pengusaha

Azura Yumna Ramadani Purnama
25 October 2024 09:20

Dok. Bank BTN
Dok. Bank BTN

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bankir memberikan tanggapan positif rencana pemerintah Presiden Prabowo Subianto menerbitkan kebijakan penghapusan utang pengusaha, terutama usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM), petani, dan nelatan.

Senior Executive Vice President (SEVP) Bisnis Digital Bank PT Bank Tabungan Negara (Persero) atau BTN Thomas Wahyudi berpendapat rencana tersebut membuka peluang baru bagi perbankan untuk mendapatkan nasabah.

“Kai melihat rencana ini rencana yang baik untuk masyarakat dan untuk suasana ekonomi, kami coba tunggu seperti apa, dan saya setuju dengan Pak Cahyo ini buka peluang baru,” kata Thomas, dikutip Jumat (25/10/2024).

Rencana penghapusan utang 6 juta pelaku usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM), yakni petani dan nelayan Indonesia mulanya dikemukakan oleh adik Presiden Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo.

Ia menyebut, kebijakan pemutihan utang itu akan disahkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) yang akan terbit pekan depan. Nantinya, perpres tersebut akan menghapuskan hak tagih bank kepada 6 juta debitur yang terdiri atas petani dan nelayan di seluruh Indonesia.