Logo Bloomberg Technoz

Balas Bom Militan Kurdi, Turki Serang 47 Target di Irak & Suriah

News
25 October 2024 07:30

Jet tempur Tukri serang Irak dan Suriah. (Bloomberg)
Jet tempur Tukri serang Irak dan Suriah. (Bloomberg)

Selcan Hacaoglu - Bloomberg News

Bloomberg, Serangan udara Turki menghantam 47 target di Irak utara dan Suriah sebagai balasan atas serangan mematikan di ibu kota yang dituduhkan pada militan Kurdi.

Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya mengatakan kedua penyerang dalam serangan Rabu (23/10/2024) terhadap perusahaan pertahanan negara, Turkish Aerospace Industries, di Ankara adalah anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang terlarang. Selain para penyerang, lima orang tewas dan 22 orang terluka dalam insiden itu.

Pesawat tempur dan pesawat nirawak Turki menyerang target-target di Irak dan Suriah semalam dalam kampanye udara di wilayah yang luar biasa luas. Serangan kemungkinan akan terus berlanjut dalam waktu dekat, kata pejabat yang mengetahui masalah ini, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitivitas masalah ini.

Target yang diserang termasuk puluhan posisi Suriah yang dipegang oleh YPG Kurdi, yang menurut Turki merupakan afiliasi PKK, di sekitar tiga kota di dekat perbatasan. Di Irak, Turki menyerang tempat persembunyian PKK di dekat Sulaymaniyah dan markas utama kelompok itu di Gunung Qandil dekat perbatasan dengan Iran.

Perusahaan pertahanan negara Turki jadi sasaran serangan. (Bloomberg)