Logo Bloomberg Technoz

Blinken Temui MBS, Bahas Gencatan Senjata di Gaza & Lebanon

News
24 October 2024 20:40

Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)
Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS (Sumber: Bloomberg)

Courtney McBride dan Ethan Bronner - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengadakan pembicaraan dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), tentang upaya mencapai gencatan senjata di Gaza dan Lebanon. Langkah ini bertujuan untuk mendapatkan dukungan regional guna mendorong perdamaian.

Blinken bertemu dengan pemimpin de facto Arab Saudi tersebut di Riyadh pada Rabu (23/10/2024), setelah sebelumnya berada di Israel untuk membahas penyelesaian dua konflik — serta ketegangan dengan Iran — dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Saat meninggalkan Tel Aviv, Blinken mengatakan ia mendesak Netanyahu untuk tidak memperburuk permusuhan dengan Iran atau kelompok yang bersekutu dengannya.

"Kami akan selalu mendukung Israel dalam pertahanannya," ujar Blinken kepada wartawan sebelum naik pesawat ke ibu kota Arab Saudi. Mengacu pada serangan rudal Iran terhadap Israel awal bulan ini, ia mengatakan, "sangat penting bahwa Israel merespons dengan cara yang tidak memperburuk eskalasi dan tidak memperluas konflik."

Pada Selasa (22/10/2024) malam, Israel mengonfirmasi telah membunuh Hashem Safieddine tiga minggu lalu. Safieddine adalah seorang ulama yang diperkirakan akan menjadi pemimpin Hizbullah, kelompok yang menjadi target serangan besar Israel di Lebanon. Kematian Safieddine kemudian diumumkan oleh Hizbullah. Pemimpin sebelumnya, Hassan Nasrallah, tewas dalam serangan Israel di Beirut pada September. Israel meningkatkan serangan di Lebanon bulan lalu untuk mengakhiri ancaman militer Hizbullah dan memaksa pejuangnya menjauh dari perbatasan utara Israel.