Logo Bloomberg Technoz

Bertemu PLO, Menlu Sugiono Tegaskan Dukungan RI untuk Palestina

Delia Arnindita Larasati
24 October 2024 13:40

Menlu RI Sugiono bertemu Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Hussein Al Sheikh. (Dok. Kemlu)
Menlu RI Sugiono bertemu Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Hussein Al Sheikh. (Dok. Kemlu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Sugiono melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), Hussein Al Sheikh. Dalam pertemuannya, Sugiono menegaskan kembali komitmen Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan rakyat Palestina.

“Saya akan memastikan bahwa isu Palestina selalu berada di garis depan diplomasi Indonesia, dan kami akan terus berdiri tegak bersama rakyat Palestina," tegas Menlu Sugiono dalam rilis yang diunggah di situs resmi Kementerian Luar Negeri.

“Dukungan kepada Palestina ini juga disampaikan oleh Presiden RI Prabowo Subianto saat pelantikannya sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024 lalu,” tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, Sugiono juga menegaskan tiga komitmen utama Indonesia terhadap Palestina. Pertama, Indonesia akan terus mendorong gencatan senjata permanen dan upaya perdamaian menuju solusi dua negara. Kedua, Indonesia berkomitmen memberikan bantuan kemanusiaan kepada Palestina, baik secara bilateral maupun melalui badan-badan PBB seperti UNRWA dan ILO.

Ketiga, Sugiono menekankan pentingnya upaya kolektif untuk mendorong perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah.