Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Berencana Beli 16 Ribu Ekor Sapi Perah dari Belanda

Fransisco Rosarians Enga Geken
26 April 2023 22:37

Ilustrasi Penggembalaan Sapi (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Penggembalaan Sapi (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah berencana membeli atau impor sapi perah asli dari Belanda. Berdasarkan komunikasi Kementerian Industri dengan pemerintah dan petani Belanda, Indonesia rencananya akan membeli sebanyak 8.000 hingga 16.000 ekor sapi perah. 

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin, Putu Juli Ardika mengatakan, industri pengolahan susu di Indonesia saat ini mengalami kekurangan pasokan bahan baku susu segar hingga 80 persen. Beberapa perusahaan pun telah menyampaikan kepada pemerintah tentang minat membeli sapi perah asal Belanda.

“Kami menawarkan Indonesia sebagai ‘a new hope for Dutch cattle’, karena peternak sapi perah Belanda dapat merelokasi sapi perahnya ke Indonesia maupun melakukan investasi di Indonesia,” kata Putu seperti dilansir kementeriannya, Rabu (26/4/2023).

Berdasarkan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015-2035 dan roadmap Making Indonesia 4.0, pengolahan susu menjadi bagian dari sektor prioritas dalam industri makanan dan minuman. Salah satu strategi untuk pencapaian tersebut adalah penyediaan sapi perah berkualitas yang mampu memenuhi kebutuhan susu segar dalam negeri atau SSDN.

Kemenperin bersama KBRI Brussel dan KBRI Den Haag pun sempat menggelar pertemuan dengan Kementerian Pertanian, Alam, dan Kualitas Makanan; organisasi pertanian dan hortikultura; serta perusahaan swasta Belanda, pertengahan April lalu. Beberapa di antaranya adalah para petani sapi perah binaan perusahaan Friesland Campina di daerah Makingga dan Warder, Belanda.