Logo Bloomberg Technoz

MIND ID Fokus Hilirisasi, Tekan Impor-Perkuat Industri Manufaktur


Logo PT Mineral Industri Indonesia./dok. MIND ID
Logo PT Mineral Industri Indonesia./dok. MIND ID

Bloomberg Technoz, Jakarta - BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia MIND ID terus fokus melanjutkan program hilirisasi komoditas mineral untuk mendukung pemerintah. Hal ini dilakukan guna menekan impor dan memperkuat sektor industri manufaktur nasional.

Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo mengatakan MIND ID telah berhasil merealisasikan sejumlah proyek penting guna mendukung hilirisasi komoditas mineral.

Menurutnya, hilirisasi akan menciptakan integrasi rantai nilai komoditas mineral dan batu bara yang berdampak positif pada pengurangan impor serta penguatan industri dalam negeri.

"Hilirisasi yang kami jalankan dalam 5 tahun terakhir ditujukan untuk memenuhi kebutuhan mineral dan batu bara, baik untuk industri maupun masyarakat. Tujuannya adalah mencapai swasembada mineral, sehingga kita tidak lagi perlu mengimpor bahan baku atau bahan setengah jadi dari luar negeri," ujar Dilo dalam keterangan resminya, Kamis (23/10/2024).

Sebagai contoh, Dilo menjelaskan, pasar Indonesia memerlukan lebih dari 70 ton emas setiap tahunnya. Sebelumnya, bahan baku pembentuk emas harus diekspor terlebih dahulu, kemudian diimpor kembali dengan menggunakan harga pasar global.