Logo Bloomberg Technoz

Kisah Awal Mula Bos Apple Tim Cook Kerja Sampingan di Nike

Redaksi
24 October 2024 12:00

CEO Apple Tim Cook. (Bloomberg)
CEO Apple Tim Cook. (Bloomberg)

Bloomberg, Produk sepatu Nike hadir dan didesain khusus untuk produk perangkat tablet dari Apple Inc, iPad. CEO Tim Cook memakai Nike edisi khusus ini saat memperkenalkan iPad bulan Mei lalu.

Tim Cook dari Apple dan anggota dewan direksi Nike dengan masa kerja terlama, membantu memandu co–founder Phil Knight dan Executive Chairman Parker melewati tahun terberat perusahaan pakaian olahraga terbesar di dunia itu sejak dirinya bergabung tahun 2005.

Dua bulan sebelum peluncuran iPad baru, Nike memperingatkan bahwa penjualannya akan turun karena permintaan akan sepatunya lesu akibat persaingan merek-merek baru. Selama semester pertama tahun ini, Nike juga mengalami gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK).

Beberapa bulan setelah peluncuran iPad, Tim Cook membantu memberikan saran dalam upaya perombakan jajaran eksekutif. John Donahoe, mantan bos eBay Inc yang pernah didukung Tim Cook untuk kursi nomor satu di Nike, pensiun setelah hanya empat tahun menjabat. 

John Donahoe, mantan bos eBay dan terakhir berkarir sebagai CEO Nike karena direkomendasikan Tim Cook namun berakhir dipecat. (Bloomberg)

Tim Cook kemudian membantu Elliott Hill, veteran Nike yang baru saja keluar dari masa pensiunnya, untuk menjadi CEO baru perusahaan.