Logo Bloomberg Technoz

2 Sektor Fokus Swasembada Energi Era Prabowo: Minyak dan EBT

Dovana Hasiana
24 October 2024 11:40

Percepat Pemanfaatan EBT, PLN Gandeng Pupuk Indonesia dan ACWA Power untuk Produksi Hidrogen dan Amonia Hijau. (dok: PLN)
Percepat Pemanfaatan EBT, PLN Gandeng Pupuk Indonesia dan ACWA Power untuk Produksi Hidrogen dan Amonia Hijau. (dok: PLN)

Bloomberg Technoz, Jakarta Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Yuliot menjelaskan sedikitnya terdapat 2 sektor yang bakal difokuskan untuk mencapai target swasembada energi yang dicanangkan oleh pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

Pertama, peningkatan produksi siap jual atau lifting minyak. Yuliot menggarisbawahi posisi lifting minyak Indonesia saat ini berada pada level 600.000 barel per hari atau barrel oil per day (BOPD).

“Jadi bagaimana kita meningkatkan sesuai dengan target yang ada, sehingga ketahanan energi kita juga bisa tercapai untuk peningkatan lifting tadi,” ujar Yuliot saat ditemui di kantornya, dikutip Kamis (24/10/2024).

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melaporkan realisasi lifting minyak berada pada level 576.000 (BOPD) pada semester I-2024.

Sementara, target lifting minyak Indonesia sebanyak 1 juta barel pada 2030 dipastikan mundur selama 2 hingga 3 tahun. Dengan demikian, target tersebut diproyeksikan baru bisa tercapai pada 2033.

Ilustrasi Pengeboran Minyak. (Bloomberg)