Logo Bloomberg Technoz

Daftar Kekayaan Para Menteri Prabowo, Ada yang Capai Rp2,6 T

Redaksi
24 October 2024 07:50

Prabowo Lantik 27 Pejabat Badan dan Khusus Kabinet Merah Putih (Bloomberg Technoz/Asfahan)
Prabowo Lantik 27 Pejabat Badan dan Khusus Kabinet Merah Putih (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto Djojohadikusumo telah melantik 48 nama sebagai menteri dalam Kabinet Merah Putih. Mereka terdiri dari tujuh menteri koordinator, dan 41 menteri teknis.

Para menteri tersebut berasal dari sejumlah kelompok dan latar belakang. Meski diklaim zaken atau profesional, sebagian besar dari menteri tersebut tercatat memiliki status dan rekam jejak sebagai politikus, terutama dari partai politik koalisi Indonesia Maju atau KIM plus.

Selain itu, beberapa nama lainnya tercatat sebagai akademisi, aktivis, praktisi, tokoh agama, bankir, hingga pengusaha. Hal ini juga yang membuat data kekayaan dari para pembantu Prabowo-Gibran Rakabuming Raka tersebut sangat bervariasi.

Berdasarkan data sementara pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ada lima nama menteri yang belum pernah menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) karena sebelumnya memang bukan pejabat negara. Mereka berpotensi baru akan mengisi dan menyerahkan LHKPN ke KPK akhir tahun ini.

Data LHKPN dari beberapa nama menteri juga sudah cukup lawas. Mereka baru kembali menjadi penyelenggara negara usai menyelesaikan tugasnya sebagai pejabat atau pun anggota DPR para periode lampau.