Logo Bloomberg Technoz

Pangkas Target Imigrasi, Kanada Akan Batasi Mahasiswa dan TKA

News
24 October 2024 07:10

PM Kanada Justin Trudeau (Sumber: Bloomberg)
PM Kanada Justin Trudeau (Sumber: Bloomberg)

Randy Thanthong-Knight - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintahan Perdana Menteri Justin Trudeau mengurangi arus masuk pendatang baru untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade. Sebuah kebijakan yang mengantarkan era baru bagi negara yang pernah menganut tingkat imigrasi yang tinggi.

Kanada diperkirakan akan mengurangi target penduduk permanen tahunannya menjadi sekitar 395.000 untuk tahun depan atau turun 21% dari target sebelumnya yaitu setengah juta orang. Hal ini disampaikan seorang pejabat pemerintah yang tidak ingin disebutkan namanya untuk membahas hal-hal yang belum dipublikasikan.

Target tahunan juga akan diturunkan lagi menjadi sekitar 380.000 pada 2026 dan 365.000 pada 2027. Berita ini pertama kali dilaporkan oleh National Post pada Rabu lalu. Menteri Imigrasi Kanada Marc Miller pun dikabarkan akan mengajukan angka-angka final kepada Parlemen, pagi ini.

Penduduk permanen adalah bagian penting dari sistem imigrasi Kanada yang berfokus pada mendatangkan pekerja muda dan berpendidikan tinggi untuk mengisi kembali tenaga kerja yang menua dengan cepat. Penurunan besar ke tingkat sebelum pandemi menandakan bahwa pemerintah mengurangi ambisi imigrasinya.