Logo Bloomberg Technoz

Inggris Akan Terbitkan Aturan Baru Soal Tata Kelola Liga Premier

News
24 October 2024 06:30

Klub sepak bola Prancis Bordeaux. (Dok: girondins.com/fr)
Klub sepak bola Prancis Bordeaux. (Dok: girondins.com/fr)

David Hellier dan Ellen Milligan - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Inggris berpeluang melahirkan aturan baru tentang tata kelola keuangan Liga Premier Inggris, agar tetap memberikan keuntungan signifikan bagi klub sepak bola yang lebih kecil. Hal ini menyusul Partai Buruh dikabarkan telah menyetujui rancangan undang-undang tata kelola sepak bola yang sempat diusulkan pemerintahan konservatif sebelumnya.

Dalam aturan ini, pemerintah memang nampak akan memiliki kontrol yang lebih besar pada industri olahraga paling populer di negara tersebut. Menurut pernyataan Pemerintah Inggris, beberapa aturan di dalamnya juga akan memaksa tim-tim papan atas untuk berkonsultasi dengan para penggemar mereka jika mereka ingin menaikkan harga tiket atau pindah ke stadion yang berbeda. 

Regulasi sepak bola di Inggris sebagian besar sebenarnya berada pada Liga Primer dan Liga Sepak Bola Inggris, badan-badan yang mengelola berbagai tingkatan. Namun, runtuhnya klub-klub bersejarah yang lebih kecil seperti Bury FC dan Macclesfield Town telah membuat para politisi turun tangan dan memberlakukan peraturannya sendiri.

Meskipun RUU ini masih membutuhkan persetujuan akhir, draf aturan ini akan memberikan regulator baru kekuatan untuk mempengaruhi redistribusi uang Liga Premier ke klub-klub di divisi yang lebih rendah. Di sisi lain, Liga Primer sendiri telah lama menentang keterlibatan pemerintah.