Logo Bloomberg Technoz

IMF Proyeksi Ekonomi RI di Era Prabowo Cuma Tumbuh 5,1%

Redaksi
24 October 2024 06:20

Kantor IMF di Washington D.C (Al Drago/Bloomberg)
Kantor IMF di Washington D.C (Al Drago/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) memperkirakan pertumbuhan Indonesia pada 2025 dan 2029. saat pemerintahan baru Presiden Prabowo Subinto, akan stagnan di level 5,1%.

Angka itu hanya naik tipis dibanding realisasi pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) pada 2023 dan proyeksi pertumbuhan PDB pada akhir 2024 yang masing-masing sebesar 5%.

Proyeksi tersebut juga lebih rendah dibanding target pemerintah dalam asumsi makro yang tercantum di Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (UU APBN) 2024 dan UU APBN 2025.

"Proyeksi IMF didasarkan pada anggaran terbaru, dengan ekstrapolasi menggunakan PDB nominal yang diproyeksikan dan komponen-komponennya sebagaimana diperlukan," demikian tertulis dalam laporan IMF bertajuk World Economic Outlook 2024: Policy Pivot, Rising Threats yang terbit Rabu (23/10/2024).

Laporan tersebut menjelaskan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia didasari dengan penerapan penilaian guna mencerminkan kebijakan belanja dan pendapatan pemerintah berwenang dalam jangka menengah.