Logo Bloomberg Technoz

Adapun IHSG ditutup melemah 0,02% setelah sejak pagi tadi tertekan oleh aksi jual.

Para investor di pasar keuangan saat ini sibuk menata penempatan aset untuk mengurangi risiko yang mungkin timbul dari hasil Pilpres AS maupun mitigasi akan prospek kebijakan bunga acuan bank sentral AS, Federal Reserve.

Ada tiga aset favorit saat ini yang menjadi 'triumvirat' perburuan investor di seluruh dunia. Tiga aset tersebut adalah dolar AS, emas juga Bitcoin. Tiga aset itu mencetak reli tak terbendung, bahkan harga emas berulang kali mencetak rekor harga tertinggi baru dalam sejarah.

Pilihan Jones atas emas dan bitcoin dilatarbelakangi risiko inflasi yang potensial melonjak di AS siapapun pemenang Pilpres November nanti.

Baik Harris maupun Trump sama-sama menawarkan pemangkasan pajak dan proposal kebijakan belanja yang bisa membawa defisit fiskal AS makin menganga.

"Bila [masalah defisit] tidak diselesaikan, AS perlu menggelembungkan anggaran," kata dia.

Defisit fiskal AS diprediksi menyentuh 122% dari Produk Domestik Bruto pada tahun 2034, mengacu pada proyeksi Kongres AS. Jones menilai proyeksi itu sangat konservatif. Dengan kata lain, angka defisit bisa lebih besar.

"Di bawah Trump, defisit bisa meningkat sebesar US$500 miliar per tahun. Di bawah Harris, defisit bisa naik US$600 miliar per tahun. Saya merasa itu hanya khayalan belaka. Pasar Treasury tidak akan menoleransinya," kata Jones.

Ancaman terhadap defisit fiskal juga yang sempat melambungkan yield Treasury 10Y menyentuh 5% beberapa waktu lalu. Sejak awal pekan, gelombang jual juga melanda pasar surat utang AS karena isu yang sama. 

Defisit fiskal kumulatif AS pada September meningkat 8.14% secara tahunan menjadi US$1,83 triliun. Naik dibanding September 2023 sebesar US$1,70 triliun. Analis memprediksi, defisit fiskal AS di masa mendatang hingga US$3,10-US$3,80 triliun. 

Dengan program populis berbiaya besar, siapapun kandidat yang menang akan memicu risiko pembengkakan belanja yang akan memperlebar defisit fiskal AS.

(rui)

No more pages