Logo Bloomberg Technoz

Tercatat ada penguatan 243 saham, dan sebanyak 323 saham terjadi pelemahan. Sisanya 228 saham stagnan.

Saham-saham properti, saham barang baku, dan saham infrastruktur menjadi pemberat laju dan gerak IHSG dengan tertekan 1,03%, 0,57%, dan 0,41%, disusul oleh melemahnya saham konsumen non primer 0,05%. Senada, saham energi melemah 0,03%.

Saham properti yang jadi penekan adalah, PT Bumi Citra Permai Tbk (BCIP) ambles 6,35%, PT Nusantara Almazia Tbk (NZIA) drop 5,68%, dan juga PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI) anjlok 4,58%.

Senada, saham barang baku juga terpeleset amat dalam terutama pada saham PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) ambles 10,5%, PT Pelat Timah Nusantara Tbk (NIKL) drop 7,65%, serta PT Alumindo Light Metal Industry Tbk (ALMI) anjlok 7,51%.

Ilustrasi IHSG, seorang melewati papan pergerakan saham di pasar modal Indonesia. (Bloomberg)

Adapun saham-saham LQ45 yang bergerak pada teritori negatif antara lain, PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA) tertekan mencapai 3,06%, dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) kehilangan 2,96%.

Tren negatif juga terjadi pada saham LQ45 berikut, PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melemah 2,34%, dan juga PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) drop 1,56%.

Adapun pasar saham Asia bergerak bervariasi pada perdagangan hari ini. Indeks Nikkei 225 anjlok 0,80%, indeks TOPIX Jepang ambles 0,55%, indeks Hang Seng Hong Kong melesat 1,28%, indeks Kospi melonjak 1,13%, indeks Shanghai Composite menguat 0,52%, dan indeks Strait Times Singapore menghijau 0,37%. Sementara itu, Dow Jones Index Future merah 0,40%.

Rapat Kabinet Perdana

Sentimen dan perhatian pasar pada perdagangan hari ini datang dari dalam negeri. Presiden Prabowo Subianto menggelar Sidang Kabinet Perdana sore hari ini, Rabu. Selengkapnya, Prabowo akan menyampaikan arahan kepada seluruh jajarannya terkait upaya mencapai Indonesia Emas 2045.

Sebagai pembuka, Presiden Prabowo Subianto menyampaikan mandat kepada para elite yang melingkupi bidang politik, keagamaan, maupun pengusaha untuk bersatu dalam mendongkrak kemajuan Republik Indonesia.

Arahan tersebut disampaikan saat membuka Sidang Kabinet Perdana 2024 di Istana Negara bersama dengan Menterinya di Kabinet Merah Putih.

“Saya terus menerus sudah beberapa tahun ini maju ke hadapan rakyat Indonesia kepada semua pemimpin politik, pemimpin masyarakat, pemimpin agama, pemimpin pengusaha, saya terus menerus menekankan pentingnya persatuan,” kata Prabowo dalam pembukaan Rapat Sidang Perdana Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Rabu.

Prabowo juga mengatakan bahwa persatuan para elite merupakan salah satu kunci atas keberhasilan dan kebangkitan dari suatu negara.

“Sumber kunci keberhasilan kebangkitan suatu bangsa dalam sejarah manusia berabad-abad, kuncinya adalah bila elite bisa kerja sama bila elite bersatu,” ujarnya.

Dalam sidang Kabinet Merah Putih perdana di Istana Negara, Jakarta, Prabowo mengingatkan para Menterinya bahwa program swasembada pangan dan energi adalah proyek mutlak dalam era kepemimpinannya.

Prabowo menambahkan, swasembada energi juga harus bisa terwujud pada masa pemerintahannya. Menurutnya, Sumber Daya Alam (SDA) melimpah yang dimiliki Indonesia harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Swasembada energi mutlak. Kita bersyukur punya SDA yang besar, kita tidak boleh ragu-ragu memanfaatkannya sebaik-baiknya,” tegasnya.

Presiden RI ke-8 ini juga menyinggung soal program hilirisasi kebanggaan Jokowi sebagai kunci dari kemakmuran rakyat Indonesia. Ia pun menginstruksikan sejumlah Kementerian terkait untuk segera mengeksekusi proyek-proyek hilirisasi.

“Hilirisasi kunci daripada kemakmuran. Karena itu, saya minta menteri-menteri terkait, Menteri Investasi dan Hilirisasi, Menteri Bappenas, Menteri ESDM, dengan beberapa menteri lain dibantu Menko Perekonomian dan Ketua Dewan Ekonomi Nasional, saya minta segera inventarisir proyek-proyek penting dalam program hilirisasi kita," tandasnya.

(fad/wep)

No more pages