Logo Bloomberg Technoz

Presiden RI ke-8 ini menyinggung soal program hilirisasi kebanggaan Jokowi sebagai kunci dari kemakmuran rakyat Indonesia. Ia pun menginstruksikan sejumlah kementerian terkait untuk segera mengeksekusi proyek-proyek hilirisasi.

"Hilirisasi kunci daripada kemakmuran. Karena itu, saya minta menteri-menteri terkait, Menteri Investasi & Hilirisasi, Menteri Bappenas, Menteri ESDM, dengan beberapa menteri lain dibantu Menko Perekonomian dan Ketua Dewan Ekonomi Nasional, saya minta segera inventarisir proyek-proyek penting dalam program hilirisasi kita," bebernya.

"26 komoditas dalam proyek-proyek yang vital tersebut harus dihilirisasi, segera dirumuskan, bikin daftar dan kita segera untuk mencari dana, sehingga kita bisa mulai hilirisasi dalam waktu yang sesingkat-singkat," tukas Prabowo. 

Sebelumnya, dalam pidatonya usai resmi dilantik sebagai Presiden ke-8 RI, Minggu (20/10/2024), Prabowo kembali menegaskan janjinya dalam mewujudkan Indonesia swasembada pangan dan energi selama masa pemerintahannya.

“Kita tidak boleh bergantung sumber makanan luar negeri. Dalam krisis, keadaan genting, tidak ada yang akan mengizinkan barang-barang [pangan] mereka untuk kita beli. Karena itu, tidak ada jalan lain dalam waktu sesingkat-singkatnya, kita harus capai ketahanan pangan,” tegasnya.

Soal swasembada energi, dia menyebut Indonesia harus mengolah kelapa sawit menjadi solar maupun bensin, demikian juga sumber tanaman lain, seperti siingkong, tebu, dan jagung yang harus dimanfaatkan sebagai bahan bakar ramah lingkungan.

“Kita juga punya energi bawah tanah geothermal yang cukup, batu bara banyak, energi dan air yang sangat besar. Pemerintah yang saya pimpin nanti akan fokus untuk mencapai swasembada energi,” janjinya.

(ros)

No more pages