Logo Bloomberg Technoz

Prabowo: Stop 'Mercusuar', Swasembada Pangan & Energi Mutlak

Azura Yumna Ramadani Purnama
23 October 2024 17:00

Presiden Prabowo Subianto. (Bloomberg)
Presiden Prabowo Subianto. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto memerintahkan para pejabat di kabinetnya untuk mengevaluasi proyek-proyek yang akan dijalankannya dalam periode 2024-2029. Ia mengingatkan agar tak ada 'proyek mercusuar.'

Dalam sidang Kabinet Merah Putih perdana di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2024), Prabowo mengingatkan para pembantunya bahwa program swasembada pangan dan energi adalah proyek mutlak dalam era kepemimpinannya.

"Pelajari kembali semua proyek, jangan ada proyek yang mercusuar. Kita [akan] swasembada pangan, itu otioritas dasar karena situasi global, perang besar bisa pecah setiap saat. Kita harus jamin kemampuan kita beri makan rakyat kita sendiri," ujarnya dengan nada membara.

Prabowo menambahkan bahwa swasembada energi juga harus bisa terwujud pada masa pemerintahannya. Menurutnya, sumber daya alam (SDA) melimpah yang dimiliki Indonesia harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Swasembada energi mutlak. Kita bersyukur punya SDA yang besar, kita tidak boleh ragu-ragu memanfaatkannya sebaik-baiknya," tegasnya.