Logo Bloomberg Technoz

Ini Penyedia Benih Buat Lahan Swasembada Pangan di Merauke

Pramesti Regita Cindy
23 October 2024 16:30

Ilustrasi lahan tebu./Bloomberg-Valeria Mongelli
Ilustrasi lahan tebu./Bloomberg-Valeria Mongelli

Bloomberg Technoz, Jakarta Perusahaan benih BUMN, PT Sang Hyang Seri (SHS) mengutarakan telah menyiapkan benih unggul yang cocok dengan kontur tanah cetak sawah di sejumlah daerah di Merauke, Papua Selatan.

Hal ini berkaitan dengan program cetak sawah yang akan dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) di Kabupaten Merauke, maupun kabupaten lainnya, untuk memperkuat ketahanan pangan nasional dan juga mempercepat capaian swasembada pada era pemerintahan Presiden Prabowo Subianto.

"Kami memiliki lahan seluas 3.200 hektare di Sukamandi untuk produksi benih terbesar di Indonesia, termasuk benih dasar [foundation seed] dan benih untuk cetak sawah sesuai kondisi lahan. Kami juga didukung oleh 42 pabrik benih padi di seluruh Indonesia dengan kapasitas 136.00 ton per tahun," ujar Direktur Utama SHS, Adhi Cahyono Nugroho, dalam rilis Kementan, Rabu (23/10/2024).

Petani menanam benih semangka di bekas sawah di Subang, Jawa Barat, Sabtu (29/7/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Dengan demikian, kata Adhi, percepatan swasembada yang dicanangkan Prabowo akan menjadi atensi berbagai kementerian dan lembaga yang berkaitan dengan sektor pangan. Terlebih, pangan adalah sektor yang paling strategis dan juga sangat vital bagi masa depan bangsa.

"Bahkan, kita juga telah melakukan refocusing anggaran untuk fokus ke benih agar berkelanjutan, kami diberi amanah oleh pemerintah untuk menjadi pusat perbenihan nasional," ungkapnya.