Logo Bloomberg Technoz

Baku Tembak di Meksiko Tewaskan 19 Orang, Bos Kartel Ditangkap

Rosmayanti
23 October 2024 16:00

Ilustrasi Garis Polisi. (Image by Pawel Grzegorz from Pixabay)
Ilustrasi Garis Polisi. (Image by Pawel Grzegorz from Pixabay)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Baku tembak dilaporkan terjadi di dekat ibu kota negara bagian Sinaloa, Meksiko. Insiden ini menewaskan 19 tersangka anggota geng, sedangkan seorang pemimpin kartel setempat ditangkap.

Melansir Reuters, Rabu (23/10/2024), Kementerian Pertahanan Meksiko mengatakan insiden mematikan ini terjadi pada Senin (21/10/2024) sekitar 7 mil (11 km) di luar ibu kota Sinaloa, Culiacan. 

Saat itu, sekelompok orang, yang beranggotakan 30 pria bersenjata, menembaki tentara. Beberapa di antara pria bersenjata kartel itu melarikan diri dari tempat kejadian setelah agen federal membalas tembakan.

Tahanan tersebut diidentifikasi sebagai Edwin Antonio "N"—nama belakangnya dirahasiakan sebagai praktik yang diberlakukan bagi tersangka tindak kejahatan di Meksiko—dan digambarkan sebagai pemimpin lokal dari faksi Kartel Sinaloa yang dipimpin oleh salah satu pendiri legendarisnya, Ismael "El Mayo" Zambada.

Dokumen tertanggal 22 Oktober dari daftar nasional tahanan Meksiko yang diperoleh Reuters mencantumkan nama Edwin Antonio Rubio Lopez. Dia disebut telah ditangkap oleh personel militer di Sinaloa.