Logo Bloomberg Technoz

Freeport Akan Pakai Energi Gas di Grasberg, Investasi Rp15,61T

Dovana Hasiana
23 October 2024 15:10

Seorang pekerja berjalan melewati tanda PT Freeport Indonesia di kompleks pertambangan tembaga dan emas Grasberg. (Dadang Tri/Bloomberg)
Seorang pekerja berjalan melewati tanda PT Freeport Indonesia di kompleks pertambangan tembaga dan emas Grasberg. (Dadang Tri/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Freeport-McMoRan Inc (FCX) mengatakan anak usahanya di Indonesia, PT Freeport Indonesia (PTFI), berencana untuk mengubah sumber energi yang ada dari batu bara menjadi gas alam, yang akan secara signifikan mengurangi emisi gas rumah kaca cakupan 1 PTFI di distrik mineral Grasberg.

Investasi yang direncanakan PTFI dalam fasilitas siklus gabungan berbahan bakar gas baru diharapkan akan terjadi selama 4 tahun ke depan, dengan biaya sekitar US$1 miliar (atau setara Rp15,61 triliun asumsi kurs saat ini).

Biaya itu merupakan biaya tambahan sebesar US$0,4 miliar dibandingkan dengan investasi yang direncanakan sebelumnya untuk merenovasi unit batu bara yang ada.

“Setelah selesai, pembangkit listrik bahan bakar ganda PTFI dan fasilitas siklus gabungan berbahan bakar gas baru akan menggunakan bahan bakar gas alam, yang dipasok oleh unit penyimpanan dan regasifikasi gas alam cair terapung,” tulis FCX dalam siaran pers, dikutip Rabu (23/10/2024).

Volume penjualan tembaga konsolidasi PT-FI pada kuartal III-2024 sebesar 426 juta pon dibandingkan dengan volume penjualan tembaga kuartal III-2023 sebesar 430 juta pon.