Logo Bloomberg Technoz

Kata DPR soal Menteri Pigai Minta Tambah Anggaran Jadi Rp20 T

Muhammad Fikri
23 October 2024 14:20

Pegiat HAM Natalius Pigai bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pegiat HAM Natalius Pigai bertemu dengan Prabowo Subianto di Kertanegara, Senin (14/10/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI merespons usulan Menteri Hak Asasi Manusia (HAM), Natalius Pigai untuk menaikkan anggaran Kementerian HAM yang mulanya sebesar Rp64 miliar menjadi Rp20 triliun.

Wakil Ketua DPR RI Fraksi Golkar Adies Kadir mengatakan bahwa para anggota dewan Komisi XIII pasti akan turut mengkaji harapan tersebut. Dia memastikan akan memperhatikan alasan dari harapan penambahan anggaran tersebut.

“Nanti kan mereka [Kementerian HAM] akan mengajukan ke Komisi XIII, anggaran-anggaran itu dibutuhkan untuk apa saja. Biasanya kan seperti itu, dan anggaran ini kan nanti akan dibahas sekitar bulan April-Mei [2025],” kata Adies kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (23/10/2024)

Adies juga memercayakan kinerja dari para anggota dewan Komisi XIII yang pastikan akan melakukan penggalian terkait dengan harapan tersebut, apakah alasan penggunaan anggaran tersebut masuk akal atau justru terlalu berlebihan.

“Nanti rekan-rekan di Komisi XIII pasti akan melihat apa saja yang dibutuhkan. Dari Rp64 miliar sampai Rp20 triliun. Nanti akan dilihat apakah visible atau tidak,” ujarnya.