Logo Bloomberg Technoz

Kata Polri Soal Posisi Kosong Wakapolri dan Kalemdiklat

Redaksi
23 October 2024 14:00

Prabowo Terima Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Kapolri (Dok.)
Prabowo Terima Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama dari Kapolri (Dok.)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dua jenderal bintang tiga kepolisian atau Polri diangkat Presiden Prabowo Subianto Djojohadikusumo menjadi menteri dan wakil menteri pada Kabinet Merah Putih.

Mereka adalah Wakil Kepala Kepolisian (wakapolri) Komisaris Jenderal Agus Andrianto yang diangkat menjadi Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan; serta Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (kalemdiklat Polri), Komjen Purwadi Arianto yang dilantik menjadi Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
 
Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia, Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo mengakui, dua posisi yang ditinggalkan Agus dan Purwadi cukup krusial pada struktur korps Bhayangkara tersebut. Dia pun mengklaim, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan segera menunjuk pejabat definitif untuk mengisi dua kursi jabatan strategis tersebut.

“Kami masih menunggu keputusan dari Kapolri,” ujar Dedi Prasetyo dikutip dari Laman Humas Polri, Rabu (23/10/2024).

Menurut dia, posisi wakapolri cukup penting karena berperan sentral dalam pendampingan kapolri. Selain itu, wakapolri adalah sosok petinggi kepolisian yang pasti akan menggantikan kapolri saat berhalangan hadir pada suatu acara atau kegiatan penting.

Demikian pula, kata dia, posisi kalemdiklat yang bertanggung jawab terhadap pembinaan dan pendidikan para personel Polri. Pimpinan pendidikan kepolisian ini bertanggung jawab mulai dari Akademi Kepolisian (Akpol) hingga Sekolah Polisi Negara (SPN).