Logo Bloomberg Technoz

Daftar Pimpinan Badan di DPR: PKS Pimpin BAM

Muhammad Fikri
23 October 2024 12:50

Gedung DPR/MPR. (Dok. mpr.go.id)
Gedung DPR/MPR. (Dok. mpr.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menetapkan susunan pimpinan dan anggota pada 20 alat kelengkapan dewan (AKD). Hal ini termasuk tujuh badan di luar komisi pada lembaga legislatif tersebut.

"Kita sudah menetapkan pimpinan AKD untuk komisi dan badan-badan di DPR. Termasuk Badan Aspirasi Masyarakat yang dibentuk guna memaksimalkan peran DPR dalam menampung aspirasi rakyat," kata Wakil Ketua DPR Cucun Ahmad Syamsurijal dikutip, Rabu (23/10/2024). 

DPR periode 2024-2029 tercatat memiliki tujuh badan yang terdiri dari Badan Musyawarah (Bamus) terdiri 58 anggota; Badan Legislasi (Baleg) memiliki 90 Anggota; Badan Anggaran (Banggar) 105 anggota; Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) 19 anggota; Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) berjumlah 45 anggota; Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) 17 anggota; Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) berjumlah 25 anggota; dan Badan Aspirasi Masyarakat ada 19 anggota. 

BAM tercatat sebagai satu badan yang baru lahir pada periode ini. DPR mengklaim, keberadaan BAM bisa menjadi wadah dan perwujudan nyata lembaga tersebut sebagai wakil rakyat yang benar-benar mengetahui aspirasi.

"Lewat BAM, kita akan menampung semua aspirasi masyarakat sehingga harapan-harapan rakyat bisa tersalurkan dengan optimal lewat DPR yang merupakan penyambung suara rakyat," kata anggota DPR dari dapil Jawa Barat II tersebut.