Logo Bloomberg Technoz

Sehubungan dengan permohonan perpanjangan IUPK PTFI, FCX juga sedang berupaya untuk mencapai kesepakatan dengan PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID), selaku induk holding BUMN tambang, terkait dengan perjanjian jual beli untuk pengalihan tambahan 10% saham di PTFI pada 2041.

FCX mengatakan perpanjangan IUPK akan memungkinkan kesinambungan operasi berskala besar untuk kepentingan semua pemangku kepentingan dan menyediakan opsi pertumbuhan melalui peluang pengembangan sumber daya tambahan di distrik mineral Grasberg yang sangat menarik.

Sebelumnya, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia mengatakan divestasi 10% saham PTFI ke pemerintah melalui MIND ID dilakukan secara gratis atau dengan biaya rendah.

Insyallah 10%, saya kan sudah bilang dari awal gratis. Andaikan pun ada, biaya sekecil-kecilnya,” ujar Bahlil dalam agenda temu media, Jumat (18/10/2024).

Bahlil memastikan prosesnya saat ini masih berjalan dan tengah berada dalam negosiasi akhir serta finalisasi yang harapannya bisa diselesaikan pada masa pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Sekarang kan terjadi diskusi sebagian buku yang ada pada Freeport itu kan diminta untuk dimasukan dalam buku BUMN, tetapi kan itu masih dalam diskusi, belum final. Namun itu yang menjadi salah satu materi yang dibahas,” ujar Bahlil.

(dov/wdh)

No more pages