Logo Bloomberg Technoz

Realisasi Penerbitan Obligasi Daerah Makin Dekat, Ini Buktinya

Redaksi
23 October 2024 12:20

Ilustrasi Obligasi (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustrasi Obligasi (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) dan Finance Corporation (IFC), anggota dari Grup Bank Dunia, bekerja sama memberi pendampingan kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk meningkatkan kapasitas dalam menyiapkan penerbitan obligasi daerah. 

Kerja sama ini diresmikan melalui penandatanganan Advisory Engagement Letter oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Ferry Irawan dan Manager Upstream & Advisory INR Asia Pacific Department IFC Victoria Delmon pekan ini.

"Memperkuat ekosistem dalam mendorong penerbitan obligasi atau sukuk daerah, terutama terkait standar kinerja IFC dalam hal lingkungan dan sosial pada saat project screening," kata Ferry seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (23/10/2024).

Selanjutnya, IFC akan membagikan pembelajaran serta acuan terbaik di level internasiona terkait penerbitan municipal bond di berbagai negara.

Kemenko Perekonomian yakin tambahan dukungan dari IFC ini akan semakin memperkuat ekosistem penerbitan obligasi daerah, yang juga telah mendapat dukungan dari lembaga internasional lainnya seperti World Bank, Asian Development Bank (ADB), Millenium Challenge Account Indonesia (MCAI), United Nations Development Programme (UNDP), dan Commercial Law Development Programme (CLDP).