Logo Bloomberg Technoz

Vladimir Putin juga memuji hubungan dengan masing-masing negara, menyebut Xi sebagai "sahabat karibnya" dan menggambarkan kerja sama Rusia-China sebagai "beragam," sembari memuji "kemitraan strategis" Moskow dengan India dalam pertemuannya dengan Modi.

Xi dan Putin sebelumnya bertemu di KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai pada bulan Juli di Kazakhstan. Mereka juga bertemu di Beijing pada bulan Mei selama kunjungan luar negeri pertama presiden Rusia tersebut sejak pelantikannya untuk masa jabatan presiden kelima, di mana mereka berjanji untuk mengintensifkan kerja sama melawan "pengekangan" oleh AS.

Kedua pemimpin tersebut mendeklarasikan "persahabatan tanpa batas" hanya beberapa minggu sebelum Vladimir Putin melancarkan serangannya terhadap Ukraina, dan telah bertemu lebih dari 40 kali sejak Xi berkuasa pada 2012.

Sementara Beijing telah berusaha untuk menggambarkan dirinya sebagai aktor netral yang dapat membantu mengakhiri konflik, sekutu Kyiv di AS dan Eropa telah menuduh China bertindak sebagai penyelamat ekonomi bagi Kremlin.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan bahwa Xi dan Putin menghabiskan banyak waktu untuk membahas topik Ukraina selama pertemuan mereka, seperti yang dilaporkan oleh kantor berita Interfax.

Persahabatan India dengan Rusia, yang telah menjadi pemasok minyak utama bagi negara Asia Selatan itu, semakin membuat jengkel pemerintahan Presiden AS Joe Biden karena invasi Putin ke Ukraina berlanjut untuk tahun ketiga. Sementara New Delhi telah memperjuangkan penyelesaian konflik secara damai, negara itu telah berubah menjadi pemasok teknologi terbatas terbesar kedua bagi Rusia, yang membantu memicu mesin perang Kremlin.

Kemampuan AS untuk menekan India dibatasi oleh prioritas strategis Washington yang bersaing untuk memelihara hubungan yang lebih erat dengan negara itu sebagai penyeimbang bagi China di Asia.

Pembicaraan pada Selasa menandai pertemuan kedua antara Putin dan Modi hanya dalam waktu tiga bulan. Pada bulan Juli, Modi merangkul Vladimir Putin dan memuji pemimpin Rusia itu sebagai "teman" selama kunjungan ke Moskow yang bertepatan dengan serangan rudal Rusia yang mematikan di sebuah rumah sakit anak-anak di ibu kota Ukraina, Kyiv.

Meskipun New Delhi merasa tidak nyaman atas pertempuran terburuk di Eropa sejak Perang Dunia II itu, India telah menghindari kecaman terhadap Rusia karena menginvasi Ukraina, dengan abstain dalam pemungutan suara PBB tentang masalah tersebut. “Kami terus berkomunikasi mengenai situasi antara Rusia dan Ukraina, dan seperti yang telah saya katakan sebelumnya, kami percaya bahwa solusi untuk masalah ini harus melalui cara damai,” kata Modi. Dia menambahkan bahwa ia dan Vladmir Putin akan membahas konflik tersebut dalam pertemuan mereka. “Kami mendukung dimulainya kembali perdamaian dan stabilitas sesegera mungkin.”

Pemerintah India telah membahas kesepakatan pasokan minyak mentah jangka panjang dengan Rusia. Menteri Perminyakan Hardeep Puri mengatakan kepada wartawan pada Selasa bahwa Modi akan mengadakan pertemuan yang sangat bermanfaat di Moskow tetapi menolak berkomentar tentang apa yang diharapkan di bidang energi.

KTT yang diselenggarakan oleh Rusia adalah yang pertama sejak kelompok tersebut setuju untuk memperluas keanggotaan menjadi enam negara tambahan pada KTT tahun lalu di Afrika Selatan. Namun, Argentina menarik diri di bawah Presiden barunya, Javier Milei, dan Arab Saudi tetap tidak berkomitmen.

Putin juga bertemu dengan mitranya dari Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, dan dijadwalkan untuk duduk bersama Abdel-Fattah El-Sisi dari Mesir pada hari Selasa. Pemimpin Rusia itu dijadwalkan bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Masoud Pezeshkian pada Rabu (23/10/2024). Modi dijadwalkan bertemu dengan Pezeshkian pada Selasa malam.

(bbn)

No more pages