Logo Bloomberg Technoz

Bertemu Putin, Xi Jinping & Modi Puji Hubungan Erat dengan Rusia

News
23 October 2024 10:49

Vladimir Putin. (Dok: Bloomberg)
Vladimir Putin. (Dok: Bloomberg)

Henry Meyer, Swati Gupta dan Lin Cheng - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri India Narendra Modi pada Selasa (22/10/2024) memuji hubungan yang semakin erat dengan Rusia dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Vladimir Putin.

Putin menjadi tuan rumah pertemuan puncak negara-negara BRICS, yang merupakan pertemuan terbesar para pemimpin dunia di Rusia sejak ia memerintahkan invasi skala penuh ke Ukraina pada Februari 2022. Kepala dari 32 negara dan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, diperkirakan akan menghadiri acara yang digelar selama tiga hari di kota Kazan, yang menyoroti tantangan terhadap upaya Barat untuk mengisolasinya selama perang.

Pertemuan tersebut memberikan kesempatan untuk menunjukkan persatuan antara Vladimir Putin dan rekan-rekannya, di saat Kremlin ingin menggambarkan Putin sebagai sosok yang menentang Barat dalam upaya membentuk kembali tatanan global.

Xi mengatakan selama pertemuan di sela-sela pertemuan puncak bahwa "persahabatan yang mendalam" antara Rusia dan China tidak akan berubah di tengah "kekacauan" dunia. Modi, pada gilirannya, mengatakan kunjungannya baru-baru ini ke Rusia menunjukkan hubungan "kami yang dekat dan semakin dalam," menurut pernyataan yang disiarkan di televisi.