Logo Bloomberg Technoz

Freeport Akui Mulai Lobi RI Buat Relaksasi Ekspor Konsentrat Lagi

Dovana Hasiana
23 October 2024 11:50

Papan nama Freeport-McMoRan Inc. di lantai New York Stock Exchange (NYSE)./Bloomberg-Michael Nagle
Papan nama Freeport-McMoRan Inc. di lantai New York Stock Exchange (NYSE)./Bloomberg-Michael Nagle

Bloomberg Technoz, Jakarta Freeport-McMoRan Inc (FCX) mengonfirmasi anak usahanya di Indonesia, PT Freeport Indonesia (PTFI), tengah melakukan koordinasi dengan pemerintah agar diberikan relaksasi ekspor konsentrat tembaga, usai kejadian kebakaran di smelter katoda tembaganya.

Kebakaran tersebut menimpa fasilitas pemisahan gas bersih atau gas cleaning plant di pabrik pemurnian atau smelter katoda tembaga milik PTFI di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur pada Senin (14/10/2024).

FCX tidak menjelaskan dengan lengkap periode relaksasi ekspor konsentrat yang diajukan, tetapi meminta agar anak usahanya di Indonesia bisa diberikan relaksasi hingga operasi smelter kembali pulih. 

“Sehubungan dengan kebakaran yang baru saja terjadi di smelter baru PTFI dan upaya pemulihan yang diperlukan, PTFI tengah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mengizinkan keberlanjutan ekspor konsentrat tembaga hingga operasi smelter kembali pulih,” tulis FCX dalam siaran pers, dikutip Rabu (23/10/2024). 

Peresmikan produksi Smelter PT. Freeport Indonesia di Gresik, Senin (23/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

FCX melaporkan PTFI telah mendapatkan izin ekspor konsentrat tembaga dan anode slimes yang berlaku hingga Desember 2024.