Logo Bloomberg Technoz

Kemenkeu Langsung di Bawah Presiden, Tak Lagi Menko Perekonomian

Azura Yumna Ramadani Purnama
23 October 2024 10:13

Menkeu Sri Mulyani dan Wamernkeu II Thomas Djiwandono di Kompleks Kemenkeu, Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Menkeu Sri Mulyani dan Wamernkeu II Thomas Djiwandono di Kompleks Kemenkeu, Jakarta, Kamis (18/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dalam Kabinet Merah Putih, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dipastikan berada di bawah koordinasi Presiden Prabowo Subianto, dan tak lagi berada dalam naungan Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) seperti pada pemerintahan sebelumnya.

Deni Surjantoro, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu membenarkan bahwa posisi Kemenkeu saat ini berada langsung di bawah presiden, tak lagi berada di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian. 

"Iya betul itu sekarang memang tidak lagi di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian, tapi langsung di bawah presiden," kata Deni.

Presiden Prabowo Subianto resmi mengubah tatanan tugas dan fungsi kementerian. Hal ini tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 139 Tahun 2024 tentang Penataan Tugas dan Fungsi Kementerian Negara Kabinet Merah Putih Periode 2024-2029. Beleid terbit pada 21 Oktober 2024. 

Di dalam aturan terungkap bahwa Kemenkeu tak ada dalam daftar kementerian yang berada di bawah koordinasi Kemenko Bidang Perekonomian.