Logo Bloomberg Technoz

Israel Klaim Bunuh Calon Pemimpin Hizbullah Hashem Safieddine

Delia Arnindita Larasati
23 October 2024 10:30

Israel Mulai Serangan Darat ke Lebanon (Sumber: Bloomberg)
Israel Mulai Serangan Darat ke Lebanon (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Israel pada Selasa (22/10/2024) mengklaim telah membunuh Hashem Safieddine, pria yang digadang-gadang sebagai calon pengganti pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, yang tewas bulan lalu dalam serangan Israel yang menargetkan kelompok tersebut.

Menurut laporan Reuters, militer Israel menyatakan bahwa Safieddine tewas dalam serangan yang dilakukan tiga minggu lalu di pinggiran selatan Beirut, yang menjadi konfirmasi pertama atas kematiannya. Sebelumnya, awal bulan ini, Israel telah menyebutkan bahwa ia mungkin telah disingkirkan.

Hingga saat ini, tidak ada tanggapan langsung dari Hizbullah terkait pernyataan Israel mengenai kematian Safieddine.

"Kami telah berhasil menjangkau Nasrallah, penggantinya, dan sebagian besar pimpinan senior Hizbullah. Kami akan menjangkau siapa pun yang mengancam keamanan warga sipil Israel," kata kepala militer Israel, Letnan Jenderal Herzi Halevi.

Israel telah melancarkan serangan yang meningkat di Lebanon setelah bentrokan perbatasan selama setahun dengan Hizbullah, yang merupakan pasukan proksi Iran paling bersenjata di Timur Tengah. Kelompok tersebut telah berupaya untuk mendukung Hamas yang memerangi Israel di Gaza, namun kini terhuyung-huyung akibat serentetan pembunuhan komandan seniornya dalam serangan udara Israel dalam beberapa minggu terakhir.